Sosial dan Masyarakat

1. Kegiatan Peresmian Plakat Gampong Pande (2007).

Persemian Plakat Gampong Pande sebagai simbol titik awal Jalur jejak Budaya Kota Banda Aceh. Peresmian ini turut dihadiri oleh Walikota dan Wakil Walikota Banda Aceh.

2. Inisiasi Heritage Society (2008)

Kegiatan pembentukan komunitas masyarakat pelestari Pusaka Aceh yang memiliki minat tinggi terhadap pelestarian pusaka – pusaka Aceh dari berbagai unsur, meliputi : seni, budaya, arsitektur, literatur, sejarah, tanaman pengobatan dan lain-lain. Saat ini Komunitas ini bernama “Masyarakat Pusaka Nanggroe”.

3. Nursery di rumah masyarakat di Gampong Pande dan Punge Blang Cut (2008)

Taman pembibitan tanaman Khas Aceh di kawasan pemukiman Gampong Pande dan Punge Blang Cut yang dikelola oleh masyarakat setempat dengan aktivitas pembibitan dan penyuluhan.

4. Peresmian Nursery Bantaran Krueng Aceh dan Jalur Jejak Budaya (2008)

Peresmian penanaman bibit secara simbolik oleh Walikota Banda Aceh dan percobaan Trail Krueng Aceh dengan menggunakan Speed boat.

Kegiatan Peresmian Pekerjaan Pohon Persahabatan, Bustanussalatin dan Jalur Jejak Budaya dilaksanakan di Nursery Bantaran Krueng Aceh. Peresmian dilakukan secara simbolis dengan penanaman bibit pohon oleh Walikota dan Wk. Walikota Banda Aceh dan penelusuran Trail Krueng Aceh.

5. Pembersihan Krueng Daroy dan Penanaman Pohon Tin (2008)

Kegiatan Pembersihan Krueng Daroy dilaksanakan untuk mengembalikan citra sungai sebagai bagian terindah dari Taman Bustanussalatin yang ditulis dalam kitab Bustanussalatin. Kegiatan ini meliputi penanaman pohon Tin sebagai simbol pohon persahabatan dan kegiatan gotong royong warga dalam pembersihan sungai.

6. Seminar “Membangun Citra Melalui Taman Kota dan Jalur Jejak Budaya” (2008)

Kegiatan Seminar dalam rangka sosialisasi dari kegiatan pekerjaan Pohon Persahabatan, Taman Bustanussalatin dan Jalur Jejak Budaya di Banda Aceh.

7. Santunan Anak Yatim (setiap tahun)

  • Lomba Gambar (2010)

Kegiatan lomba gambar ini dilakukan selain dalam rangka menyalurkan dana santunan dari para muzakki kepada anak yatim, juga bertujuan untuk mengasah kreatifitas sejak dini kepada anak-anak. Acara ini diisi dengan berbagai kegiatan seperti: Makan bersama, dan Games untuk melatih kekompakan dan kepemimpinan mereka.

  • Taddabur Alam (2011)

Kegiatan taddabur alam ini dilakukan selain dalam rangka menyalurkan dana santunan dari para muzakki kepada anak yatim, juga bertujuan untuk mengenalkan pelestarian lingkungan sejak dini kepada anak-anak. Acara ini diisi dengan berbagai kegiatan seperti : Makan bersama, dan Games di alam terbuka untuk melatih kekompakan dan kepemimpinan mereka.